Sabtu, 07 September 2013

Macam - macam pensil dan kegunaanya

Pensil memang sangat membantu dalam keseharian kita, dari menulis, membuat pola, menggambar, dan banyak sekali kegunanya, termasuk menjadi komoditi ketika memasuki ujian akhir pada siswa sekolah.
Yang kita tahu bahwa ketika kita membeli ataupun mendapati sebuah pensil pasti kedapatan di bagian bawah pensil terdapat tulisan atau bisa dibilang label, seperti; H, HB, B, 2B, 3B, 4B, dan masih banyak lagi. Sebenarnya apakah maksud dari label tersebut dan apakah kegunaanya?
"...Yah, walaupun terserah kita mau menggunakan pensil yang bagaimana, toh tidak ada batasanya. Alangkah baiknya kita tahu.." hhe...




untuk kita tahu saja, ... pensil sebenarnya sudah digunakan lama sekali, pada abad 15 oleh petani inggris yang menggunakan pensil untuk menandai domba-domba mereka, dengan menggunakan bahan dasar graphit. kenapa mengunakan graphit? "karena graphit memiliki molekul karbon yang lunak, sehingga mudah digoreskan pada benda..". Dan Akhirnya pada abad ke-17 tepatnya tahun 1795, anak buah Napoleon yang bernama Nicholas Jacgues Conte berhasil mengembangkan dan mematenkanya, conte merupakan sebutan untuk pensil graphit yang paling hitam. berikutnya pensil mengalami banyak perkembangan, hingga bisnis ini ditekuni oleh Keluarga Ferber sampai saat ini. Dan label ukuran yang terdapat pada pensil besar kemungkinan dibuat oleh Ferber.





Jenis pensil 

1.   H , B , 2B

merupakan Pensil yang keras (H:hard) , umumnya digunakan untuk membuat sketsa dan perencanaan, contoh aplikasinya adalah Arsitek, Kontraktor, Penjahit.


2.  3B , 4B , 5B                           
merupakan Pensil yang lunak sedang (B:Boldness) , umumnya digunakan untuk membuat online dan arsir, contoh aplikasinya adalah pelukis dan arsitek.
3.  6B, 7B, 8B...
Merupakan pensil yang lunak digunakan untuk menggambar arsir, atau memblok, seperti mengambar kaca maupun air, contoh aplikasiya adalah pelukis.

".....nah sudah tahukan, hehehe ..selamat berkarya.."

1 komentar: